DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Hamela Sari Sitompul (STUDENT ID : 71244320018)
Nurfajriani (LECTURER ID : 196709022005012001)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-22 04:52:06 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran learning cycle terintegrasi pendidikan karakter memberikan pengaruh lebih tinggi terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa dibandingkan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Lubuk Pakam yang terdiri atas 3 kelas. Pengambilan sampel penelitian diambil secara purposif yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi pembelajaran learning cycle terintegrasi pendidikan karakter dan pada kelas kontrol diberi pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa baik data hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Berdasarkan data gain ternormalisasi, besar peningkatan hasil belajar yang menggunakan pembelajaran learning cycle terintegrasi pendidikan karakter adalah 70% dan peningkatan hasil belajar yang menggunakan pembelajaran konvensional adalah 54%. Besarnya perbedaan peningkatan hasil belajar kimia siswa adalah 16%. Hasil pengujian hipotesis, diperoleh thitung > ttabel dengan menggunakan uji t pihak kanan yaitu 5,56> 1,6671 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima, dimana Ha = Hasil belajar siswa dengan pengajaran menggunakan model pembelajaran learning cycleterintegrasi pendidikan karakter lebih baik dari pada pengajaran konvensional terintegrasi pendidikan karakter. Hubungan nilai hasil belajar siswa dengan nilai karakter siswa pada model pembelajaran learning cycle terintegrasi pendidikan karakter ada korelasi positif dan signifikan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rhit>rtabel¬ pada α = 0,05 dan juga dapat dilihat dari nilai karakter siswa yang tinggi dan nilai hasil belajar siswa juga tinggi. Berbeda dengan pembelajaran konvensional yang nilai hasil belajar dengan nilai karakter siswa rendah. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan