Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kimia siswa diberi pengajaran model kooperatif tipe NHT berbasis chem ? card kombinatorial lebih tinggi dari yang diberi pengajaran model konvensional pada pokok bahasan hidrokarbon dan mengetahui besarnya pengaruh model kooperatif tipe NHT(Numbered Head Together) berbasis Chem ? Card Kombinatorial dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling sebanyak 2 kelas. Kelas eksperimen mendapat perlakuan model kooperatif tipe NHT(Numbered Head Together) berbasis Chem ? Card Kombinatorial dan kelas kontrol mendapat perlakuan model pembelajaran konvensional. Alat pengumpul data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar pada materi hidrokarbon dengan jumlah 20 soal. Dari penelitian diperoleh rata-rata nilai pretes kelas eksperimen sebesar 32,92±10,03 dan kontrol sebesar 35,83±8,49, sedangkan rata-rata nilai postes kelas eksperimen sebesar 82,08±6,80 dan kontrol sebesar 73,33±6,44. Dari uji t (pihak kanan) diperoleh thitung= 5,605 sedangkan ttabel=1,669 (?=0,05 dan db = 70). Hal ini berarti thitung > ttabel, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Pengaruh model kooperatif tipe NHT(Numbered Head Together) berbasis Chem ? Card Kombinatorial berdasarkan data gain rata-rata hasil belajar kimia siswa pada kelas eksperimen adalah 72,9 % dan pada kelas kontrol adalah 57,3 %. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa diberi pengajaran model kooperatif tipe NHT berbasis chem ? card kombinatorial lebih tinggi dari yang diberi pengajaran model konvensional pada pokok bahasan hidrokarbon dan besarnya pengaruh model kooperatif tipe NHT(Numbered Head Together) berbasis Chem ? Card Kombinatorial dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon adalah 72,9 %.