DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KOLOID KELAS XI DI SMA NEGERI 15 MEDAN T.A 2011/2012
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Fahmi, Jam'an
Gulmah Sugiharti (LECTURER ID : 196111071988032001)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-12 04:39:40 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar kimia siswa.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 15 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang berjumlah 76 siswa dengan cara purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan peneliti sehingga diperoleh kelas yang diberi pengajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi kelompok menggunakan media peta konsep dan kelas yang diberi pengajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi kelompok.Nilai rata-rata gain untuk siswa kelas eksperimen 1 (0,485 ± 0,263) dan untuk siswa kelas eksperimen 2 (0,281 ± 0,203). Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh harga thitung sebesar 5,381 serta nilai ttabel sebesar 1,995 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 74, sehingga - thitung < ttabel < thitung. Sedangkan persentase peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 ini sebesar 48,5% dan persentase peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen 2 ini sebesar 28,1%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada pada materi pokok koloid.  
Institution Info

Universitas Negeri Medan