DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAPPENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWAPADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Devi Anriani Siregar (STUDENT ID : 408331010)
Lisnawaty Simatupang (LECTURER ID : 197607192003122002)
Subject
BF501 Motivation 
Datestamp
2016-08-22 03:30:27 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah pengaruh model Project Based Learning dengan menggunakan Macromedia Flash terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan sistem koloid dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa yang lebih tinggi dengan model project based learning yang menggunakan macromedia flash atau hanya dengan menggunakan macromedia flash saja. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pegajahan sebanyak 80 siswa. Karena jumlah populasi kurang dari 100 maka seluruh populasi dijadikan sampel. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Pembelajaran pada kelas eksperimen I yaitu metode Project Based Learning dengan menggunakan Macromedia Flash dan pembelajaran pada kelas eksperimen II hanya dengan Macromedia Flash tanpa model Project Based Learning. Sebagai alat pengumpul data peningkatan hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya bedanya, validasi instrumen tes dilakukan di SMA Darma Pancasila. Hasil analisis data diperoleh rata-rata peningkatan hasil belajar kimia kelas eksperimen I 0,707±0,088 lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen II dengan rata-rata peningkatan hasil belajarnya 0,478±0,081. Peningkatan hasil belajar kedua kelas eksperimen diuji beda dengan uji t pihak kanan diperoleh thitung > ttabel (12 > 1,684) sehingga Ha diterima berarti ada pengaruh model Project Based Learning dengan menggunakan Macromedia Flash terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan sistem koloid. Maka dapat disimpulkan bahwa metode Project Based Learning dengan menggunakan Macromedia Flash berpengaruh dan memberikan peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi daripada pembelajaran yang hanya menggunakan Macromedia Flash saja. Peningkatan atau persen gain hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen I sebesar 70,7% sedangkan untuk kelas eksperimen II sebesar 47,8%. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan