DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SQUARE
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Veronika Purba (STUDENT ID : 408131097)
Jamalum Purba (LECTURER ID : 196412071991031002)
Subject
QD Chemistry 
Datestamp
2016-11-11 09:09:18 
Abstract :
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan mengetahui berapa persen peningkatan hasil belajar siswa yang diberikan pengajaran dengan pendekatan konstruktivisme melalui model pembelajaran tipe TPSq pada materi Hidrokarbon, pada sub pokok bahasan Alkana, Alkena dan Alkuna di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. Dalam penelitian digunakan dua kelas eksperimen, kelas eksperimen I dengan penerapan pendekatan konstruktivisme melalui model pembelajaran TPSq dan kelas eksperimen II dengan penerapan pendekatan konstruktivisme. Peningkatan hasil belajar kimia siswa diketahui dari kemampuan siswa dalam mengerjakan tes objektif sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan pendekatan konstruktivisme dengan model pembelajaran TPSq lebih tinggi dari hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan pendekatan konstruktivisme. Peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan konstruktivisme dengan model TPSq adalah 60% dan peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan konstruktivisme adalah 45% dan diperoleh perbedaan hasil belajar siswa sebesar 15%. Hasil uji statistik t pada taraf signifikan α = 0,05 menunjukkan bahwa thitung> ttabel ( 13,71 > 1,684 ). Hal ini menjelaskan bahwa penerapan pendekatan konstruktivisme dengan model pembelajaran TPSq dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa pada sub pokok bahasan Alkana, Alkena dan Alkuna. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan