DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA KOLOID SISWA KELAS XI SMAN 15 MEDAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Hilda Handayani (STUDENT ID : 408331023)
Mahmud (LECTURER ID : 195802221989031002)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-15 03:40:35 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa media, pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media peta konsep dan pembelajaran kooperatif STAD dengan media handout. Populasi dalam penelitian siswa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian adalah 3 kelas, yaitu kelas XI IPA 1 (eksperimen I = Pembelajaran kooperatif STAD tanpa media), kelas XI IPA 2 (eksperimen II= Pembelajaran kooperatif STAD dengan media peta konsep) dan kelas XI IPA 3 (kelas eksperimen III = pembelajaran kooperatif STAD dengan media handout) yang masing-masing kelas bejumlah 36 orang diambil secara purpossive sampling. Kemudian menetapkan siswa yang homogen statusnya dari setiap kelas sampel sebanyak 24 orang siswa. Data penelitian diolah untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan dengan hipotesis pertama menggunakan Anava satu jalur, jika hipotesis diterima maka hipotesis kedua, ketiga dan keempat dilanjutkan dengan uji BNT (LSD). Dari pengujian hipotesis taraf signifikan α = 0,05 untuk data gain diperoleh Fhit 3,794 sedangkan Ftab 3,13 jadi didapat bahwa Fhitung > Ftabel, makaHa diterima dan Ho ditolak. Berarti hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Pembelajaran kooperatif STAD memberikan hasil yang signifikan. Dari hasil perhitungan dengan uji BNT diperoleh bahwa hasil belajar yang paling tinggi adalah pembelajaran kooperatif STAD media handout dan hasil belajar paling rendah adalah pembelajaran koopertif STAD media peta konsep. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan