DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGUATAN (REINFORCEMENT) DAN JENIS PERTANYAAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Lamtiur D. Sihotang (STUDENT ID : 408131066)
P. Maulim Silitonga (LECTURER ID : 195909071985031003)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-12 04:48:22 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis penguatan (reinforcement), jenis pertanyaan dan interaksi antara penguatan dan jenis pertnyaan terhadap hasil belajar kimia siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 3 Pematangsiantar yakni sebanyak 10 kelas. Sampel sebanyak 10 orang dalam setiap kelas diambil dari 4 kelas yang telah dipilih secara acak. Kemudian menetapkan siswa yang relatif homogen statusnya dari setiap kelas sampel. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian 2 x 2. Ada dua faktor yang diujicobakan yaitu faktor A : penguatan dan terdiri dari dua taraf yaitu A1 = verbal A2 = nonverbal, faktor B : jenis pertanyaan yang terdiri dari ada 2 taraf yaitu B1= retoris dan B2 = menggali. Dari pengujian hipotesis diperoleh F hitung (A) > F (0,05)(1,36) dimana 24,359 > 4,11 maka H01.1 ditolak dan H1.1 diterima artinya ada pengaruh penguatan terhadap hasil belajar kimia siswa. F hitung (B) > F (0,05)(1,36) dimana 24,359 > 4,11 maka H01.2 ditolak dan H1.2 diterima artinya ada pengaruh jenis pertnyaan terhadap hasil belajar kimia siswa. F hitung (AB) > F (0,05)(1,36) dimana 3,603 > 4,11 maka H01.3 diterima dan H1.3 ditolak artinya tidak ada pengaruh penguatan terhadap hasil belajar kimia siswa.Pembelajaran dengan pemberian penguatan verbal dan pertanyaan retoris dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa sebesar 43,68% , Pembelajaran dengan pemberian penguatan verbal dan pertanyaan menggali dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa sebesar 68,61%, Pembelajaran dengan pemberian penguatan nonverbal dan pertanyaan retoris dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa sebesar 64,06%, sedangkan pembelajaran dengan pemberian penguatan nonverbal dan pertanyaan menggali dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa sebesar 74,32%. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan