DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN METODE PRAKTIKUM DAN METODE KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 TEBING TINGGI T.P 2012/2013
Total View This Week1
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Muhammad Ridho Fadly Alfizari (STUDENT ID : 408321037)
Eidi Sihombing (LECTURER ID : 195706061985031002)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-15 04:07:26 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode praktikum dan metode konvensional pada materi pokok zat dan wujudnya di kelas VII SMP Negeri 1 Tebing Tinggi T.P 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Tebing Tinggi yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas VII-9 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan metode praktikum dan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol, diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 pilihan jawaban sebanyak 15 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Hipotesis yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 42,4 dengan standar deviasi 10,7 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol 43,1 dengan standar deviasi 11,7. Hasil uji t diperoleh thitung = -0,24 dan ttabel = 2,002. Sehingga thitung < ttabel (-0,24 < 2,002) maka H0 diterima dengan kata lain bahwa kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas control. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan metode praktikum dan kelas kontrol dengan metode konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberi postes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 70,9 dengan standar deviasi 10,4 dan kelas kontrol 61,3 dengan standar deviasi 12,4. Hasil uji t diperoleh thitumg = 3,219 dan ttabel = 2,002. Sehingga thitumg > ttabel (3,219 > 2,002) maka Ha diterima, dengan demikian kesimpulan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar Metode Praktikum dengan Metode Konvensional pada materi pokok Zat dan Wujudnya di kelas VII SMP Negeri 1 Tebing Tinggi T.P 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan