DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW) DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI ALAT OPTIK DI KELAS VIII MTS NEGERI 2 MEDAN T.P 2011/2012
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Annisa (STUDENT ID : 81244210002)
Derlina (LECTURER ID : 196403211990032001)
Subject
QC Physics 
Datestamp
2016-11-11 09:19:11 
Abstract :
Lemahnya kualitas pengajaran yang disajikan guru menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, sehinga salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah menerapkan strategi PQ4R dalam pembelajaran IPA. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII semester genap MTs Negeri 2 Medan yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R dan konvensional serta pengaruh kedua model ini terhadap hasil belajar siswa. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen two group pretes postes merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya dari sesuatu yang dikenakan subjek didik yaitu siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Medan Tahun Pelajaran 2011/2012, jumlah siswa VIII adalah ± 250 siswa yang terdiri dari 7 kelas. Sampel yang diambil terdiri dari dua kelas yang ditemukan secara acak (Random Sampling) yang diambil dari kelas yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol . Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa tes berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 20 soal dengan empat option Dari hasil pretes kelas eksperimen didapat hasil belajar siswa rata-rata nilai 46,23. Nilai ini hampir sama dengan nilai pretes kelas kontrol dengan rata-rata nilai 45,42. Selanjutnya setelah diberikan pembelajaran terjadi peningkatan hasil belajar dimana rata-rata nilai postes kelas eksperimen dimana rata-rata hasil belajar siswa sebesar 74,43 sedangkan pada kelas kontrol sebesar rata-rata 60,56. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan uji t satu pihak untuk melihat perbedaan nilai postes kedua kelompok sampel. Hasil pengujian hipotesis satu pihak untuk rata-rata nilai postes siswa kedua kelompok sampel diperoleh harga Sig t < α, yaitu 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 69. Hal ini berarti Ha yang menyatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan menerapkan strategi PQ4Rdan yang diberi pembelajaran dengan pendekatan konvensional pada materi pokok alat optik di kelas VIII semester Genap MTsN 2 Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012 dapat diterima. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan menerapkan strategi PQ4Rdan yang diberi pembelajaran dengan pembelajaran konvensional pada materi pokok alat optik di kelas VIII semester Genap MTsN 2 Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012 dimana hasil belajar kelas PQ4R lebih baik dari kelas konvensional. Disamping itu peneliti juga mengharapkan bagi guru yang ingin menerapkan pembelajaran dengan strategi ini harus memperhatikan alokasi waktu dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran dan memperhatikan pokok-pokok materi pembelajaran yang akan disampaikan agar dapat tercakup pada review yang dibuat oleh siswa. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan