DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Revi Maylina Tanjung (STUDENT ID : 408131082)
Ani Sutiani (LECTURER ID : 196807301992032001)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-16 03:04:17 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan metode Learning Start With A Question lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional pada pokok bahasan Sistem Koloid. Sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan metode Learning Start With A Question, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test uji satu pihak (pihak kanan) dan diperoleh thitung = 7,606 sedangkan ttabel = 1,669 untuk α = 0,05 dan db = 69. Dengan demikian thitung > ttabel, maka Ha diterima yakni hasil belajar siswa yang diajar dengan metode Learning Start With A Question lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional pada pokok bahasan Sistem Koloid. Peningkatan hasil belajar siswa dihitung dengan bentuk gain dan didapatkan persen keberhasilan belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 65,61% sedangkan persen keberhasilan belajar siswa kelas kontrol sebesar 53,23%. Dengan melihat keberhasilan belajar dengan menggunakan metode Learning Start With A Question pada pokok bahasan Sistem Koloid , maka diharapkan metode pembelajaran ini dapat diaplikasikan dalam pembelajaran kimia. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan