DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI KELAS XI SMA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Hormida Damanik (STUDENT ID : 409631007)
Albinus Silalahi (LECTURER ID : 195303201980121001)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-22 05:20:35 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan penggunaan pendekatan pemecahan masalah dan tanpa penggunaan pendekatan pemecahan masalah di kelas XI SMA, sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI SMA Negeri I Tanjung Morawa tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 72 orang yang berada pada dua kelas. Kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah dan kelas kontrol diajarkan dengan metode pembelajran tanpa pendekatan pemecahan masalah. Untuk memperoleh data hasil belajar tesebut digunakan objektif test sebanyak 20 butir soal dengan lima pilihan jawaban.Hasil yang diperoleh: nilai rata-rata pretest = 23,88 dan posttest = 67,77 pada kelas eksperimen; sedangkan pada kelas kontrol, nilai rata-rata pretest = 24,58 dan posttest = 53,33. Persentase efektivitas didapat sebesar 34,17%. Dari hasil uji statistik t pada taraf signifikansi α = 0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ceramah; dari hasil uji chi kuadrat dengan rancangan faktorial 2x2 menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan pemecahan masalah dengan pembelajaran dengan metode ceramah berpengaruh positif terhadap keberhasilan belajar kimia siswa. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan