DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS WEBLOG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADAPOKOK BAHASAN SISTEM KOLOID
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Dila Erwinda Lubis (STUDENT ID : 408131044)
Anna Juniar (LECTURER ID : 196006131988032001)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-22 03:48:46 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan e-learning berbasis weblog terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem koloid. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Binjai yang terdiri dari tiga kelas berjumlah 108 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang berjumlah 72 siswa dengan teknik purpossive sampling sehingga diperoleh kelas eksperimen yang diberi pengajaran e-learning berbasis weblog dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas kontrol yang diberi pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata gain kelas eksperimen adalah 0,797 dan rata-rata gain kelas kontrol adalah 0,696. Persentase peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan pengajaran e-learning berbasis weblog dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar 79,700% dan untuk model pembelajaran konvensional sebesar 69,600%. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 5,674 sedangkan ttabel sebesar 1,671 pada taraf α = 0,05 dan dk = 62, sehingga thitung>ttabel. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang di ajar melalui penerapan e-learning berbasis weblog dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang di ajar dengan pembelajaran konvensional. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan