DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN INTEGRASI KARAKTER TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PERSAMAAN KEADAAN GAS IDEAL DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KECAMATAN BINJAI KABUPATEN LANGKAT T.A. 20
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Agust Ridhoi Saragih (STUDENT ID : 408121024)
Betty M Turnip (LECTURER ID : 19630108197032002)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-18 04:54:35 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Solving dengan integrasi karakter terhadap peningkatan hasil belajar fisika pada materi pokok Persamaan Keadaan Gas Ideal di kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat T.P. 2011/2012Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Binjai T.A.2011/2012 yang berjumlah 5 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA 3 yang terdiri dari 41 siswa sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Solving dengan integrasi karakter dan kelas XI IPA 2 yang terdiri dari 41 siswa sebagai kelas kontrol dengan model Problem Solving tanpa integrasi karakter. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah dinyatakan valid oleh dua orang dosen dan 1 orang guru bidang studi. Instrumen yang kedua berupa lembar observasi untuk melihat karakter yang tampak selama proses pembelajaran. Untuk menguji hipotesis dilakukan dengan analisis varians 2×2 (dua jalur).Dari analisa data diperoleh skor rata-rata pretes kelas eksperimen 34,88 pada kelas kontrol sebesar 33,66. Kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 73,66 dan 65,85. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis varian 2×2 pada taraf signifikansi α = 0,05, diperoleh Fhitung = 13,09 dan Ftabel = 3,96. Fhitung > Ftabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Solving dengan integrasi karakter terhadap peningkatan hasil belajar fisika pada materi pokok Persamaan Keadaan Gas Ideal di kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat T.P. 2011/2012. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan