DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA PARULIAN 1 MEDANT.P. 2011/2012
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Satria Tinambunan (STUDENT ID : 408121091)
Karya Sinulingga (LECTURER ID : 196002231986031005)
Subject
BF511 Affection. Feeling. Emotion 
Datestamp
2016-08-12 08:12:53 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle berbasis Peta Konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Swasta Parulian 1 Medan T.P 2011/2012. 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Swasta Parulian 1 Medan T.P 2011/2012. 3) Mengetahui bagaimana aktifitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle berbasis Peta Konsep. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X-2 dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle Berbasis Peta Konsep dan kelas X-1 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa pada pembelajaran Learning Cycle Berbasis Peta Konsep.Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 40,14 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 40,28. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan pembelajaran pembelajaran Learning Cycle Berbasis Peta Konsep sebesar 75,43 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 64,42. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,540 > 1,66 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 68. Hal ini berarti Ha terima yang berarti ada pengaruh model pembelajaran Learning Cycle Berbasis Peta Konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Swasta Parulian 1 Medan T.P.2011/2012. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan