Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Risky Ira Silvia Nasution (STUDENT ID : 71244220042)
Mara Bangun Harahap (LECTURER ID : 195603031984031003)
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2016-08-18 05:01:17
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan model Konvensionalterhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Kalor di kelas VII semester genap SMP 4 Binjai T.P 2011/2012. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Binjai yang terdiri dari 7 kelas berjumlah 215 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara cluster random sampling terdiri dari dua kelas yaitukelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 4 pilihan jawaban. Uji normalitas kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1103, Ltabel = 0,1610, dan kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1264 , Ltabel = 0,1610, Lhitung< Ltabel, maka dikatakan data berdistribusi normal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes untuk kelas eksperimen 42,33 dengan standar deviasi 10,65 dan nilai rata-rata pretes untuk kelas kontrol 40,5 dengan standar deviasi 11,17. Dari hasil uji kemampuan awal dengan uji t dua pihak nilai kedua sampel diperoleh thitung=0,650pada taraf signifikan α=0.05 dan dk=58 dan harga ttabel=1,671,thitungttabelyaitu2,200> 1,661, sehingga dapat disimpulkanbahwa ada perbedaan pengaruh dari modelpembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan model Konvensionalterhadap hasil belajar siswa pada materi pokokKalor di kelas VII SMP Negeri 4 Binjai T.A 2011/2012.