DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE QUANTUM LEARNING TEKNIK PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA.P. 2011/2012
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Martha Oktaviani Siregar (STUDENT ID : 071244220005))
Sinuraya (LECTURER ID : 196001301986011002)
Subject
QC Physics 
Datestamp
2016-08-16 02:59:28 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metodeQuantum Learning teknik peta pikiran terhadap hasil belajar siswa padamateri pokok Suhu dan Kalor di kelas X Semester II SMA Negeri 1Tanjung Morawa T.P 2011/2012.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasieksperimen, sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswakelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P 2011/2012 yang terdiri dari10 kelas yaitu 380 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan caracluster random sampling terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dankelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalambentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban.Berdasarkan analisis data pada kelas eksperimen diperoleh rata-ratanilai pretes 41,13 dengan standart deviasi 10,22 dan untuk rata-rata nilaipostes 68,38 dengan standart deviasi 10,46. Untuk kelas kontrol diperolehrata-rata nilai pretes 40,38 dengan standart deviasi 10,08 dan untuk rataratanilai postes 62,63 dengan standart deviasi 10,25. Uji normalitas kelaseksperimen diperoleh Lhitung = 0,1121 Ltabel= 0,1401, dan kelas kontroldengan Lhitung = 0,0985, Ltabel  0,1401, Lhitung ttabel atau 2,484>1,667 maka Ha diterima, sehingga dapatdisimpulkan bahwa ada pengaruh dari metode Quantum Learning teknikpeta pikiran terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu danKalor di Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa 
Institution Info

Universitas Negeri Medan