DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Sumarni Br. Purba (STUDENT ID : 408141112)
Tonggo Sinaga (LECTURER ID : 196103251986011003)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-15 04:34:19 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswamenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan tipeStudent Teams Achievement Division (STAD) pada materi ekosistem di kelas X SMADharma Pancasila Medan Tahun pembelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalahpenelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XSMA Dharma Pancasila Medan yang berjumlah 150 siswa dan sampel diambil secarapurposif sampling sebanyak 60 siswa. Berdasarkan rata-rata hasil pre test siswamenunjukkan nilai rata-rata pre test siswa adalah X 1 = 29,73 dan SD = 12,41 untukkelas yang diajar dengan penggunaan model TPS sedangkan kelas yang diajardengan penggunaan model STAD didapat X 2 = 33,20 dan SD = 12,12. Setelahmendapat perlakuan nilai rata-rata post test siswa yang diajar dengan penggunaanmodel TPS ( X 1= 82,66 ; SD = 10,52) lebih tinggi dibanding dengan penggunaanmodel STAD ( X 2 = 72,73 ; SD = 9,55).Adanya perbedaan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesisdengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana thit 3,83 > ttab2,038 yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Sehinggadapat disimpulkan bahwa ada perbedaan secara statistik dimana kelas TPS lebihtinggi hasil belajarnya daripada kelas yang menggunakan model STAD pada materiEkosistem di Kelas X SMA Dharma Pancasila Medan Tahun Pembelajaran2011/2012. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan