DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK - PAIR - SHARE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 LABUHAN DELI TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012
Total View This Week2
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Mery Kristina (STUDENT ID : 81244410017)
Dameria Sitompul (LECTURER ID : 194911171975022001)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-30 04:29:06 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, ketuntasan belajar siswa melalui penerapan Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) pada materi pokok sistem Reproduksi Pada Manusia di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Labuhan Deli Tahun Pembelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 1 Labuhan Deli Tahun. Sampel yang digunakan adalah satu kelas yaitu kelas XI IPA 2 yang terdiri dari 30 siswa. Instrument yang digunakan berupa tes tertulis berbentuk pilihan berganda. Sebelum tes diberikan kepada siswa terlebih dahulu diuji kelayakannya diluar sampel yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya beda soal.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) pada materi pokok sistem reproduksi pada manusia di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1Labuhan Deli tahun pembelajaran 2011/2012, Dari hasil analisis data diperoleh bahwa nilai rata-rata pretes hasil belajar 44,73 dan nilai rata-rata postes 77,80. Dari 30 siswa terdapat 4 siswa (13,33%) dengan tingkat penguasaan sangat tinggi, 10 siswa (33,33%) tingkat penguasaan tinggi, 14 siswa (46,66%) tingkat penguasaan sedang dan 2 siswa (6,66%) dengan tingkat penguasaan rendah. Untuk ketuntasan belajar, ada 2 siswa yang belum tuntas (6,66%) dan 28 siswa (93,33%) yang tuntas sehingga dapat disimpulkan memberikan hasil yang baik.   
Institution Info

Universitas Negeri Medan