DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA PRAYATNA MEDAN TP 2011/2012
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Suryani Agustina Putri (STUDENT ID : 408341056)
Nusyirwan (LECTURER ID : 196006221988031002)
Subject
 
Datestamp
2016-08-16 03:51:04 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode problem solving terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi pokok pencemaran lingkungan di kelas X SMA Swasta Prayatna Medan T.P 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Prayatna Medan tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara acak sederhana (random sampling) yaitu 1 kelas eksperimen yang diajarkan dengan metode problem solving dan 1 kelas kontrol yang diajarkan dengan metode konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar biologi pada materi pokok pencemaran lingkungan sebanyak 25 soal yang telah dinyatakan valid. Penilaian hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan skala 0-100.Hasil penelitian diperoleh: 1) hasil belajar biologi siswa kelas eksperimen setelah diajarkan dengan metode problem solving pada materi pokok pencemaran lingkungan di kelas X SMA Swasta Prayatna Medan T.P 2011/2012 diperoleh rata-rata sebesar 79,80 dengan standar deviasi 6,59; 2) hasil belajar biologi siswa kelas kontrol setelah diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional pada materi pokok pencemaran lingkungan di kelas X SMA Swasta Prayatna Medan T.P 2011/2012 diperoleh rata-rata sebesar 76,50 dengan standar deviasi 6,42; dan 3) ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode problem solving terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi pokok pencemaran lingkungan di kelas X SMA Swasta Prayatna Medan T.P 2011/2012 (thitung > ttabel yaitu 2,269 > 2,00). Penggunaan metode problem solving memberikan pengaruh terhadap hasil belajar biologi sebesar 4,3% lebih tinggi dibandingkan metode konvensional. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru biologi untuk dapat menerapkan metode problem solving dalam mengajarkan materi-materi biologi. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan