DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETHINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SECANGGANG TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Fitri Yanti Sembiring (STUDENT ID : 408341017)
Erlintan Sinaga (LECTURER ID : 1961011819886012001)
Subject
QH301 Biology 
Datestamp
2016-08-12 07:16:37 
Abstract :
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruh model pembelajaran Kooperatiftipe TPS (Think-Pair-Share) terhadap hasil belajar siswa pada MateriPokok SistemPernapasan Pada Manusia di Kelas XI SMA Negeri 1 Secanggang Tahun Pembelajaran 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan tes objektif sebagai alat untuk mendapatkan data penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Secanggang Tahun Pembelajaran 2011/2012 yang terdiriatas 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 80 orang. Sedangkan sampel penelitian diambil secara total sampling yang terdiridari 2 kelas, dimana kelas XIA2 di jadikan sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model kooperatiftife TPS dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang dankelas XIA1 dijadiakan sebagai kelas control dengan menggunakan model konvensional dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang, sehingga jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 80 orang. Berdasarkan hasiluji persyaratan data, baik data hasil belajar siswa pada kelas eksperimen maupun kelas control dinyatakan berdistribusi normal dan memilik ivarians yang seragam (homogen).Sementara berdasarkan hasil analisis data penelitian, terlihat adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dimana rata 
Institution Info

Universitas Negeri Medan