Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Meilissa V Aritonang (STUDENT ID : 408141087)
Djongken Simamora (LECTURER ID : 195102071979031001)
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2016-08-15 08:16:08
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, ketuntasan belajar siswa dan aktivitas siswa melalui penerapan strategi PQ4R pada materi pokok sistem indera di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 21 Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 21 Medan. Sampel yang digunakan adalah satu kelas diambil secara random yaitu kelas XI IPA 2 yang terdiri dari 31 siswa. Instrument yang digunakan berupa tes tertulis berbentuk pilihan berganda. Sebelum tes diberikan kepada siswa terlebih dahulu diuji kelayakannya diluar sampel yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya beda soal. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa nilai rata-rata pre-test hasil belajar 43,87 dan nilai rata-rata pos-test 72,42. Dari 31 siswa terdapat 1 siswa (3,23%) dengan tingkat penguasaan sangat tinggi, 9 siswa (29%) tingkat penguasaan tinggi, 15 siswa (48,40%) tingkat penguasaan sedang dan 6 siswa (19,35%) dengan tingkat pengua saan rendah. Untuk ketuntasan belajar, ada 9 siswa yang belum tuntas (29%) dan 22 siswa (71%) yang tuntas. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan I adalah 45,51 dan pertemuan II 76,15. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan strategi PQ4R pada materi pokok sistem indera di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 21 Medan tahun pembelajaran 2011/2012 memberikan hasil yang baik.