DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI POKOK SISTEM SARAF MANUSIA DI KELAS XI IA SMA SWASTA TELADAN P.SIANTAR T.P. 2011/2012
Total View This Week13
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Friska M.R. Panggabean (STUDENT ID : 408141067)
Zulkifli Simatupang (LECTURER ID : 196605161992031001)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-18 07:30:16 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas XI IA SMA Swasta Teladan Pematangsiantar dengan menerapkan strategi belajar Peta Konsep pada mata pelajaran Biologi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IA-3, berjumlah 44 orang SMA Swasta Teladan Pematangsiantar T.P 2011/2012. Penelitian didesain dalam bentuk penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research). Pada siklus I, materi ajar “Struktur dan Fungsi Sel Saraf”, bentuk tindakan strategi belajar peta konsep setelah mendapat penjelasan langkah-langkah strategi belajar peta konsep dari guru dan siswa ditugaskan membuat peta konsep pada buku catatan sesuai penjelasan guru. Siklus II, materi ajar “Susunan Sistem Saraf dan Kelainannya”, bentuk tindakan dengan memberikan contoh (model) peta konsep, kemudian siswa melanjutkan strategi pemetaan konsep untuk konsep-konsep yang lebih spesifik. Parameter hasil belajar diukur menggunakan teknik persentase ketuntasan belajar siswa secara individu dan klasikal. Rata-rata hasil belajar siswa setelah tindakan siklus I adalah 65,86 dan hasil belajar setelah tindakan siklus II adalah 75,93. Menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 10,07. Ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I sebesar 54,55 % (24 orang siswa/tuntas) dan pada siklus II ketuntasan klasikal sebesar 99,91% (40 orang siswa/tuntas). Tindakan dihentikan pada siklus II dengan tercapainya indikator ketuntasan. Hasil observasi menunjukkan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari pada siklus I (63,5) ke siklus II (90,25). Hasil penelitian membuktikan, bahwa pembelajaran mata pelajaran biologi menggunakan strategi belajar Peta Konsep dapat meningkatkan hasil belajar 
Institution Info

Universitas Negeri Medan