DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DAN TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA SUB MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 8 MED
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Juwita C (STUDENT ID : 408341029)
Dameria Sitompul (LECTURER ID : 194911171975022001)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-12 09:04:02 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan tipe STAD pada sub materi pokok ekosistem di kelas X SMA Negeri 8 Medan tahun pembelajaran 2011/2012. Rendahnya hasil belajar siswa kelas X SMA N 8 Medan dikarenakan kurang maksimalnya guru dalam melibatkan siswa secara aktif dan model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi selama kegiatan belajar mengajar. Untuk itu, perlu adanya inovasi model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan tipe STAD (Student Team Achievement Divisions). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas X yang terbagi atas 4 kelas. Jumlah sampel yaitu 82 siswa diambil secara random yang terdiri dari dua kelas, kelas X2 diajar dengan tipe TAI dan kelas X3 diajar dengan tipe STAD. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang sudah divalidasi terlebih dahulu. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis perbandingan dengan menggunakan rumus uji-t.Berdasarkan analisis data, (mean ± SD) yang diajar dengan tipe TAI yaitu (82,926 ±10,060) dan yang diajar dengan tipe STAD (mean ± SD) yaitu (70,121±10,982). Adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan tersebut, dibuktikan melalui uji hipotesis dengan uji-t dan taraf signifikan α = 0,05 dan diperoleh thitung >ttabel (5,550 > 1,994). Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang menggunakan tipe TAI lebih baik dan efektif dibandingkan dengan tipe STAD pada sub materi pokok ekosistem di kelas X SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan