DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA LAKSAMANA MARTADINATA MEDAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Rini Suwina (STUDENT ID : 408341047)
Fauziyah Harahap (LECTURER ID : 196607281991032002)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-22 05:02:22 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan yang signifikan untuk hasil belajar siswa yang diberlakukan dengan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi Ekosistem di Kelas X SMA Laksamana Martadinata Medan Tahun pembelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Laksamana Martadinata Medan yang berjumlah 9 kelas yakni sebanyak 360 siswa dan sampel diambil secara random sampling sebanyak 80 siswa yaitu kelas X-1 dan X-2. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes yang berbentuk soal pilihan ganda yang terdiri dari 25 soal. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (86,5) lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achivement Division (74,4). Berdasarkan penelitian ini maka perlu dipikirkan untuk aplikasi model pembelajaran kooperatif ini dalam pengajaran materi biologi lain atau untuk materi pelajaran di bidang studi lain. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan