DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PANGURURAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Sepwan Partogi Sinaga (STUDENT ID : 408141105)
Tonggo Sinaga (LECTURER ID : 196103251986011003)
Subject
BF501 Motivation 
Datestamp
2016-08-12 09:14:40 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem ekskresi di kelas XI SMA Negeri 1 Pangururan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Sebagai populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri1 Pangururan yang terdiri dari 4 kelas. Sedangkan sampelnya ada 2 kelas. Satu kelas dijadikan sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 39 siswa dan satu kelas sebagi kelas kontrol terdiri dari 40 siswa. Instrument atau alat pengumpul data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa pada penelitian ini adalah tes hasil belajar pada materi pokok system ekskresi yang terdiri dari 30 soal dalam bentuk soal objektif dengan 5 option Hasil pemberian postes yang dilakukan pada kedua kelas diperoleh datanilai rata rata untuk hasil belajar siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT adalah 9.35, dengan nilai tertinggi 10 dan nilai terendah 8,0 dengan simpangan baku 0.504, sedangkan nilai rata-rata yang diberi pembelajaran konvensional adalah 7,71. Nilai tertinggi 9,0 dan nilai terendah 6,0 dengan simpangan baku 0,738 untuk pengujian hipotesis yang diajukan digunakan uji t. Dari hasil pengujian data postes diperoleh 18.12 = t hitung> t tabel = 1.167 yang berarti Ha diterima yaitu ada perbedaan yang signifikan dalam prestasi belajar biologi kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana prestasi belajar biologi siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan