DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI DI KELAS XI SMA SWASTA PRAYATNA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012.
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Adriana Sahputri Siregar (STUDENT ID : 81244410001)
Riwayanti (LECTURER ID : 1952032119832001)
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2016-08-15 08:28:33 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Materi Pokok Sistem Reproduksi Di Kelas XI SMA Swasta Prayatna Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Swasta Prayatna Medan yang terdiri atas lima (5) kelas, yaitu kelas XI-2 yang berjumlah 42 orang, XI-3 berjumlah 42 orang, XI-4 yang berjumlah 42 orang, XI-5 yang berjumlah 41 orang. Total seluruh siswa kelas XI IA SMA Swata Prayatna Medan adalah 212 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian adalah satu kelas yaitu kelas yang berjumlah 42 orang. Teknik pengambilan sampel adalah secara random sampling yaitu penarikan sampel berkelompok dengan proses pengacakan.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Alat pengambilan data dalam penelitian ini berupa tes pilihan berganda, yang terdiri dari 22 item soal.Dalam penelitian ini, keefektifan suatu pembelajaran dilihat dari tiga kriteria yaitu (1) Ketuntasan belajar siswa, (2) Ketuntasan pencapaian indikator pembelajaran, dan (3) Tingkat penguasaan siswa. Hasil analisis data diperoleh bahwa (1) Dari 37 orang sampel terdapat 33 orang (89,1 %) yang telah tuntas belajar. Secara klasikal ketuntasan belajar siswa telah terpenuhi. (2) Dari 2 indikator yang telah diterapkan, semuanya telah tercapai dengan rata-rata 75,70 %. (3) Tingkat penguasaan siswa dari 37 orang, terdapat 1 orang atau 2,70 % yang mempunyai tingkat penguasaan yang sangat tinggi, ada 24 orang atau 64,87 % yang mempunyai tingkat penguasaan tinggi, ada 8 orang atau 21,62 % yang mempunyai tingkat penguasaan sedang, dan ada 4 orang atau 10,81 % yang mempunyai tingkat penguasaan sangat rendah, maka secara klasikal siswa sudah berhasil menguasai materi dengan tingkat penguasaan tinggi.Berdasarkan keefektifan pada penelitian ini, dinyatakan bahwa Teknik Pencatatan Peta Pikiran efektif digunakan pada Materi Pokok Ekosistem di Kelas 
Institution Info

Universitas Negeri Medan