DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DENGAN TIPE TAI ( TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA MATERI POKOK SEL DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 ONANRUNGGU TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Jonter Siringoringo (STUDENT ID : 408141076)
Panal M. Siahaan (LECTURER ID : 194810021973061001)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-22 05:08:05 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran tipe TPS (Think Pair share) dengan tipe TAI (Teams Asisted individualization). Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas yang terdiri dari 80 siswa, yaitu kelas IPA 1 dan IPA 2 dengan menerapkan model pembelajaran TPS (Think Pair share) dengan tipe TAI (Teams Asisted individualization). Instrumen penelitian yang digunakan adalah test hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 25 soal yang sudah divalidasi terlebih dahulu. Hasil analisis data postes di kelas TPS adalah sebesar 73,80 sedangkan nilai postes kelas TAI sebesar 79,30 setelah dilakukan uji t dengan taraf signifikan α = 0,05, maka diperoleh t hitung = 2,58 sedangkan t tabel 1,99, maka berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa thit > ttab (2,58 > 1,98), sehingga dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha, sehingga dapat diketahui bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran tipe Think Pair 
Institution Info

Universitas Negeri Medan