DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE STOP THINK DO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) DI KELAS X SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Dewi Engjelita (STUDENT ID : 408141049)
- Lazuardi (LECTURER ID : 196004231989021001)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-18 07:49:59 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Stop Think Do terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok tumbuhan paku (Pteridophyta) telah dilakukan di kelas X SMA Negeri 1 Hamparan Perak T.P 2011/2012. Populasi adalah seluruh siswa kelas X semeseter II SMA Negeri 1 Hamparan Perak yang terdiridari 6 kelas. Sampel diambil secara random dan diperoleh sampel untuk kela seksperimen (X5) 34 siswa dan kelas kontrol (X6) 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang telah divalidasi terlebih dahulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu karena menggunakan satu atau lebih kelompok eksperimen dan membandingkan hasilnya dengan kelompok kontrol.Hasil analisis data menunjukkan pretes kelas eksperimen (41,32±12,27) dan pretes kelas kontrol (42,66±10,16). Sedangkan hasil analisis data postes kelas eksperimen (77,94±10,08) dan postes kelas kontrol (61,88±10,76). Setelah dilakukan uji 
Institution Info

Universitas Negeri Medan