DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL RESIPROCAL TEACHING (PENGAJARAN TERBALIK) DENGAN MODEL WORD SQUARE PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA DI KELAS XI IPASMA CR VAN DYUNHOVEN SARIBUDOLOKTAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Yenni Valentina Purba (STUDENT ID : 71244410063)
Rosita Tarigan (LECTURER ID : 195206231976032001)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-12 09:30:26 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model Resiprocal Teaching dan Word Square pada materi pokok sistem pencernaan pada manusia di kelas XI IPA SMA CR Van Duynhoven Saribudolok T.P.2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Mei 2012.Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA CR Van Duynhoven Saribudolok yang berjumlah 80 siswa yang terbagi di dua kelas. Sehingga sampel penelitian diambil secara total sampling yakni kelas XI IPA 1 yang berjumlah 40 siswa menggunakan Resiprocal Teaching sebagai kelas eksperimen 1 dan model Word Square pada kelas XI IPA 2 yang berjumlah 40 orang sebagai kelas eksperimen 2. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis perbandingan dengan menggunakan rumus uji-t.Data penelitian hasil belajar diambil melalui hasil pretest sebagai data awal dan hasil posttest sebagai data hasil penelitian. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan data untuk mengetahui tingkat normalitas dan homogenitas data hasil penelitian. Dari hasil perhitungan uji persyaratan data duketahui bahwa data hasil belajar siswa dari kedua kelas dinyatakan normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Resiprocal Teaching dengan model Word Square, rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Resiprocal Teaching sebesar 79,15 dengan SD 7,40 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Word Square sebesar 87,05 dengan SD 5,55. Perbedaan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan uji-t dengan taraf kepercayaan α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung > ttabel. (5,41>1.99). Dengan demikian maka Ho ditolak sekaligus menerima Ha, hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model Word Square dengan model Resiprocal Teaching pada materi pokok sistem pencernaan manusia di kelas XI IPA SMA CR Van Duynhoven Saribudolok TP 2011/2012 
Institution Info

Universitas Negeri Medan