DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS STRATEGI ACCELERATED LEARNING MODEL MASTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA2 SMA NEGERI 1 BATANG ANGKOLA KABUPATEN TAPANULI SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Isra Haryati (STUDENT ID : 408141074)
Nuraini Harahap (LECTURER ID : 195310051976032001)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-16 02:24:09 
Abstract :
Efektivitas strategi Accelerated Learning model MASTER terhadap hasil belajar siswa pada sub materi pokok sistem pernapasan pada manusia di kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun Pembelajaran 2011/2012 dijelaskan dalam skripsi ini. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa pada sub materi pokok sistem transportasi pada manusia dengan menggunakan strategi Accelerated Learning model MASTER; Untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa secara individual dan secara keseluruhan pada sub materi pokok sistem pernapasan pada manusia dengan menggunakan strategi Accelerated Learning model MASTER; Untuk mengetahui ketercapain indikator pembelajaran pada sub materi pokok sistem pernapasan pada manusia setelah diajarkan menggunakan strategi Accelerated Learning model MASTER dan untuk mengetahui efektivitas strategi Accelerated Learning model MASTER terhadap hasil belajar siswa pada sub materi pokok sistem pernapasan pada manusia kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun Pembelajaran 2011/2012 Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif.Penelitian ini menggunakan tes objektif sebagai alat untuk mendapatkan data penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun Pembelajaran 2011/2012 yang terdiri atas 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 115 orang, sedangkan sampel penelitian diambil secara acak yaitu kelas XI IPA2 dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang. Kelas XI IPA2 diajarkan menggunakan Strategi Accelerated Learning Model MASTER pada sub materi pokok sistem pernapasan pada manusia. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa ketuntasan belajar siswa secara perorangan dan secara klasikal adalah yang diperoleh adalah 34 siswa yang telah tuntas (92%) dan 3 siswa (8%) tidak tuntas sehingga kelas XI IPA2SMA Negeri 1 Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun Pembelajaran 2011/2012 dinyatakan tuntas secara klasikal. Tingkat penguasaan materi siswa, 5 siswa dalam kategori sangat tinggi (13,5%), 21 siswa dalam kategori tinggi (56,8%), 8 siswa kategori sedang (21,6%) dan 5 siswa kategori rendah (8,1%). Pada tingkat ketercapaian indikator setiap indikator telah mencapai skor melebihi 75% sehingga semua indikator telah tercapai.Dengan tercapainya ketiga indikator efektivitas strategi pembelajaran maka strategi Acceletared Learning Model MASTER efektif digunakan pada sub materi pokok sistem pernapasan pada manusia di kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun Pembelajaran 2011/2012. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan