DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MEDIA THE THING PUZZLE DENGAN MEDIA CROSS WORDS PUZZLE PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KELAS VIIISMPNEGERI 2LUBUK PAKAM T.A. 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Rosmaladewi Hasibuan (STUDENT ID : 408341049)
Masdiana Sinambela (LECTURER ID : 196103251986011003)
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2016-08-15 02:16:01 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran The thing puzzle dengan Crosswords puzzle pada materi pertumbuhan dan perkembangan di kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam yang berjumlah 294 siswa dan sampel diambil secara acak sebanyak 70 siswa. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana thit 1,688 > ttab ¬ 1,677 yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan secara statistik dimana kelas Crosswords puzzle lebih tinggi hasil belajarnya daripada kelas yang menggunakan media The thing puzzle pada materi Pertumbuhan dan perkembangan di Kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan