DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN MAKE A MATCH ( MAM ) PADA SUB MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI IPASMA LAKSAMANA MARTADINATA MEDAN T
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Desma Warni Harahap (STUDENT ID : 408341004)
Paruntungan Sianturi (LECTURER ID : 194712111973061001)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-15 04:27:51 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan yang signifikan untuk hasil belajar siswa yang diberlakukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan tipe Make A Match (MAM) pada Sub Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia di Kelas XI IPA SMA Laksamana Martadinata Medan Tahun pembelajaran 2011/2012Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Laksamana Martadinata yang berjumlah 120 siswa dan sampel diambil secara purporsive sampling sebanyak 80 siswa. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes yang berbentuk soal pilihan ganda yang terdiri dari 25 soal. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) dengan model Make A Match (MAM). Nilai rata-rata skor pre test siswa kelas Student Teams Achievement Division (STAD) 46,7 dengan standar deviasi (SD) 9,81. Nilai rata-rata skor pos test siswa kelas Student Teams Achievement Division (STAD) 76,7 dengan standar deviasi (SD) 9,7. Nilai rata-rata skor pre tes kelas Make A Match (MAM) 38,9 dengan standar deviasi (SD) 11,24. Nilai rata-rata skor post test kelas Make A Match (MAM) 82,8 dengan standar deviasi (SD) 6,78. Dari pengujian hipotesis taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 3,112 > ttabel = 1,994. Jadi diperoleh thitung > ttabel, maka Ha diterima, H0 ditolak berarti ada perbedaan antara hasil belajar siswa di kelas XI IPA 2 dengan menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) dan XI IPA 3 dengan menggunakan model Make A Match (MAM), dari hasil uji hipotesis diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model Make A Match (MAM) lebih baik dibandingkan yang menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD). 
Institution Info

Universitas Negeri Medan