DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN THINK PAIR SHARE PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Riau Prayogi (STUDENT ID : 408341046)
Cicik Suriani (LECTURER ID : 196606101991032002)
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2016-08-15 09:03:00 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Group Investigation dengan model pembelajaran Think Pair Share pada materi sistem reproduksi pada manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2011/2012.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas XI IPA SMA Negeri 1 Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2011/2012 yang berjumlah 72 siswa, terdiri dari dua kelas. Karena seluruh populasi dijadikan sampel, maka sampelnya adalah sampel total. Satu kelas diajar dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan satu kelas lagi diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Instrumen penelitian menggunakan 30 soal tes. Jenis penelitian merupakan quasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata post-test siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Group Investigation sebesar ( ; SD = 7,75) sedangkan nilai rata-rata post-test siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share sebesar ( ; SD = 8,74). Uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Think Pair Share (thitung 2,48  ttabel 1,66 ). Hal ini berarti ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan model pembelajaran Think Pair Share pada materi sistem reproduksi pada manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2011/2012 dan berbeda secara signifikan pada taraf kepercayaan 95%. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan