DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG DIBERI LATIHAN SOAL TTS (TEKA-TEKI SILANG) DENGAN LATIHAN SOAL PILIHAN GANDA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS VII SMP SWASTA BUDI AGUNG MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Kiki Sundari (STUDENT ID : 408341031)
Syarifuddin (LECTURER ID : 195911221956011001)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-15 02:38:25 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara yang diberi latihan soal TTS (teka-teki silang) dengan latihan soal pilihan ganda pada pokok bahasan ekosistem kelas VII SMP Swasta Budi Agung Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seleuruh siswa kelas VII SMP Swasta Budi Agung Medan yang berjumlah 5 kelas yakni sebanyak 160 siswa dan sampel diambil secara random sampling sebanyak 64 siswa yaitu kelas VII-3 dan VII-4. Pada kelas VII-3 dilakukan dengan pemberian latihan soal TTS (Eksperimen 1) dan pada kelas VII-4 dilakukan dengan pemberian latihan soal pilihan ganda (Eksperimen 2). Untuk mengetahui hipotesis yang dirumuskan dengan menggunakan uji statistic t. hasil penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata pre tes kelas Eksperimen 1 diperoleh 71,311 dengan standar deviasi 5,095 dan nilai rata-rata pre tes kelas Eksperimen 2 diperoleh 70,625 dengan standar deviasi 5,339. Uji hipotesis menunjukkan thitung pada dk = 62 dengan taraf α = 0,05 diperoleh 0,102 sedangkan ttabel pada dk = 62 dan tafar α = 0,05 diperoleh 1,66. Oleh karena thitung < ttabel maka hipotesis Ho diterima yang artinya tidak ada perbedaan kemampuan awal antara siswa kelas eksperimen I dan siswa kelas eksperimen II pada pokok bahasan ekosistem. Sedangkan hasil post tes menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan pemberian latihan soal TTS diperoleh 87,125 dengan standar deviasi 5,813 dan hasil belajar siswa yang diberi latihan soal Pilihan Ganda diperoleh nilai rata-rata 80,750 dengan standar deviasi 4,479. Dengan demikian hasil belajar siswa yang diberi latihan soal TTS lebih baik daripada siswa yang diberi latihan soal Pilihan Ganda. Uji hipotesis menunjukkan thitung pada dk = 62 dengan taraf α = 0,05 diperoleh 5,05 sedangkan ttabel pada dk = 62 dan taraf α = 0,05 diperoleh 1,66. Oleh karena itu thitung > ttabel, maka hipotesis Ha diterima yang artinya ada perbedaan hasil belajar siswa dengan yang diberi latihan soal TTS dengan latihan soal pilihan ganda pada pokok bahasan ekosistem di kelas VII SMP Swasta Budi Agung Medan tahun pembelajaran 2011/2012 . 
Institution Info

Universitas Negeri Medan