DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENDEKATAN RECIPPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA POKOK BEHASAN TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI I SIBOLGA TP S011/2012
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Jonatan Pasaribu (STUDENT ID : 71244120056)
Panjaitan (LECTURER ID : 195912301985031004)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-22 09:21:01 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching dan pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pokok bahasan trigonometri dikelas X SMA Negeri I Sibolga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri I Sibolga semester genap tahun ajaran 20I1/2012 yang terdiri dari 8 kelas paralel dengan jumlah siswa sebanyak 350 orang. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-2 sebanyak 40 orang sebagai kelas kontrol dan kelas X-3 sebanyak 40 orang sebagai kelas eksperimen yang ditentukan secara random dengan sistem undi. Kelas kontrol menggunakan pembelajaran metode konvensional dan kelas eksperimen menggunakan pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan memberikan perlakuan pada kelompok sampel penelitian kemudian diberikan pretes dan postest, sebagai alat pengumpul data digunakan tes kemampuan berpikir kreatif dalam bentuk uraian pada materi pokok trigonometri sebanyak 10 soal. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas tes dengan menggunakan teknik liliefors dan homogenitas tes dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis inferensial regresi anakova. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi untuk kelas kontrol yaitu Y" = 46,32 + I ,0277 X dan kelas eksperimen yaitu y- = 49,10 + 1,40 X. Berdasarkan uji keberartian model regresi diperoleh kesimpulan bahwa model regresi kelas kontrol dan kelas eksperimen berarti. Karena syarat homogenitas dipenuhi, maka analisis kovarians dapat dilakukan. Berdasarkan perhitungan uji analisis kovarians diperoleh Fhitung (4,64) > Ftabel (3,966) pada taraf a. = 0,05. Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching dengan pembelajaran menggunakan metode konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Besamya pengaruh pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching dan pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan indeks determinasi (~) masing - masing sebesar 0,5484 atau 54,84 % dan 0,1881 atau 18,81 %. Sehingga besamya perbedaan pengaruh dua model tersebut adalah 36,03%. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan