DETAIL DOCUMENT
PENGARUH GENIUS LEARNING STRATEGY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 GIRSANG SIPANGAN BOLON TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012
Total View This Week4
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Mayen R. Situmorang (STUDENT ID : 81244410015)
Marina A. Napitupulu (LECTURER ID : 196503051990022001)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-30 03:56:23 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh genius learning strategy terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi di kelas XI IPA SMA Negeri 1 girsang sipangan bolon tahun pembelajaran 2011/2012. Adapun strategy yang digunakan dalam penelitian ini adalah Genius Learning. Kelebihan dari Genius Learning Strategy ini adalah motivasi belajar murid meningkat dan murid mampu menerapkan apa yang mereka pelajari ke dalam kehidupan mereka. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas yang terdiri dari 64 siswa. Kelas IPA 4 diperlakukan sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan Genius Learning Strategy yang terdiri dari 32 siswa dan kelas IPA 3 diperlakukan sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah test hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 30 soal yang sudah divalidasi terlebih dahulu. Hasil analisis data postes kelas eksperimen adalah 77,92 dan postes kelas kontrol sebesar 66,56 setelah dilakukan uji t dengan taraf signifikan α = 0,05, maka diperoleh t hitung = 5,67 sedangkan t tabel 1,67 sehingga dapat diketahui bahwa ada pengaruh Genius Learning Strategy terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi. 

Institution Info

Universitas Negeri Medan