DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TENTANG EKOSISTEM DI KELAS 10 MAN 2MODEL MEDAN TAHUN 2011/2012
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
ILHAM HAKIKI HARAHAP (STUDENT ID : 408141073)
Ely Djulia (LECTURER ID : 196607241991032012)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-22 09:27:39 
Abstract :
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas 10 Semester II MAN 2 Model Medan yang terdiri dari 8 kelas berjumlah 272 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas 10.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas 10.4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dan untuk mengamati aktivitas belajar siswa digunakan lembar observasi. Hasil penelitian dengan melakukan pretest sebelum diberikan perlakuan yang berbeda di kedua kelas, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 52,9 dengan standar deviasi 9,9 dan nilai rata-rata kelas kontrol 52,2 dengan standar deviasi 10,4. Setelah diadakan pengujian data prestest dari kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t data pretest diperoleh thitung= 0,29 dan ttabel= 1,9 sehingga thitungttabel (4,22 > 1,9) maka H diterima, dengan demikian ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan menggunakan mind map dengan persentase peningkatan sebesar 14,8 %. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan