Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Icowardi Pakpahan (STUDENT ID : 5311311)
Sahat Siahaan (LECTURER ID : 194912101976031001)
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2016-08-16 02:44:49
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan ? kesulitan yang dihadapi
siswa dalam mengerjakan soal pada pokok bahasan pertidaksamaan dalam
pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran Active Learning tipe Index Card
Match (ICM) dan untuk megetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemecahan
masalah matemátika siswa pada pokok bahasan pertidaksamaan dengan pendekatan
Active Learning tipe Index Card Match (ICM).
Lokasi penelitian adalah SMA Negeri 1 Silima Pungga ? pungga, Subjek
penelitian adalah siswa kelas X yang berjumlah 30 orang. Objek yang diteliti adalah
penerapan pendekatan Active Learning tipe Index Card Match (ICM) untuk
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Adapun instrumen
pengumpul data pada penelitian ini adalah berupa tes, observasi dan wawancara.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dibagi atas dua
siklus, masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Sebelum memberikan
tindakan, siswa diberikan tes awal, setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan
pemecahan masalah. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan pertidaksamaan siswa kelas X
mulai dari tes awal sampai tes kemampuan pemecahan masalah. Banyaknya siswa
yang mencapai ketuntasan belajar dari tes awal yaitu 4 dari 30 orang (13,33%)
dengan rata-rata kelas 44,17. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan
pendekatan Active Learning tipe Index Card Match (ICM), banyaknya siswa yang
mencapai ketuntasan belajar adalah 14 dari 30 orang (46,67%) dengan rata-rata kelas
62,67. Hasil analisis data pada akhir siklus 2 dengan pendekatan yang sama serta
dikalaborasikan dengan metode pengajaran ekspositori , banyaknya siswa yang
mencapai ketuntasan belajar adalah 26 dari 30 orang (86,67%) dan rata-rata kelas
82,03. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah
mencapai target ketuntasan belajar klasikal. Kesulitan ? kesulitan siswa yang didapat
dari hasil wawancara I telah diatasi pada siklus kedua dengan cara memperhatikan
siswa ? siswa yang mempunyai masalah pada pemecahan masalah.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan
Active Learning tipe Index Card Match (ICM), kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa pada pokok bahasan pertidaksamaan siswa kelas X SMA Negeri 1
Silima Pungga - pungga meningkat. Saran yang diajukan yaitu guru dapat
mengkalaborasikan pendekatan Active Learning tipe Index Card Match (ICM)
dengan metode pengajaran ekspositori bertujuan membantu siswa dalam memahami
dan memecahkan masalah.