DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DAN TIPE JIGSAW PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI KELAS XI IPA SMAN 1 TANJUNG MORAWA T.P. 2011/2012
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Endang Sari Tanjung (STUDENT ID : 408141056)
Hudson Sidabutar (LECTURER ID : 196005261986011001)
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2016-08-15 03:11:45 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang terdiri dari aspek kognitif dan aspek afektif (aspek sikap, aspek minat, aspek konsep diri, aspek nilai dan aspek moral) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dan tipe Jigsaw pada materi pokok struktur dan fungsi sel di kelas IX IPA SMAN 1 Tanjung Morawa T.P. 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX IPA SMAN 1 Tanjung Morawa yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 160 siswa. Sedangkan sampel penelitian diambil secara purposive sampling (berdasarkan pertimbangan) yang berjumlah 80 orang siswa. Dimana kelas IX IPA3 sebagai kelas yang diberi pengajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dan kelas IX IPA4 sebagai kelas yang diberi pengajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw .Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa rata - rata hasil belajar kognitif siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) sebesar 79,20 dengan standar deviasi 8,06 dan rata - rata aspek afektif siswa pada kelas NHT sebesar 72,38%, sedangkan untuk hasil belajar kognitif siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memperoleh rata - rata sebesar 83,70 dengan standar deviasi 6,68 dan rata - rata aspek afektif siswa pada kelas Jigsaw sebesar 77,63%. Hasil analisis data hasil belajar kognitif siswa dengan uji-t, menunjukkan thitung > ttabel (2,25 > 1,667) pada taraf kepercayaan α = 0,05, berdasarkan hipotesis tersebut maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga ada perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran koperatif tipe NHT ( Numbered Head Together ) dan tipe Jigsaw pada materi pokok struktur dan fungsi sel di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.P. 2011/2012. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan