DETAIL DOCUMENT
ANALISIS MISKONSEPSI BUKU TEKS PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Yuli Wulandari (STUDENT ID : 408331061)
Eddyanto (LECTURER ID : 196704251994031002)
Subject
QD Chemistry 
Datestamp
2016-08-16 03:00:50 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada miskonsepsi buku teks kimia pada pokok bahasan laju reaksi, untuk mengetahui bagaimanakah hasil miskonsepsi yang terjadi pada buku teks kimia pada pokok bahasan laju reaksi dan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh miskonsepsi buku teks kimia pada pokok bahasan laju reaksi terhadap miskonsepsi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah konsep-konsep yang terdapat pada buku teks kimia SMA. Subjek dalam penelitian ini siswa SMA yang telah memperoleh konsep laju reaksi yaitu siswa SMA Negeri 15, SMA Negeri 14 dan SMA Negeri 5 Medan. Sebagai alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa tes objektif beralasan yang berjumlah 25 soal yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya serta lembaran wawancara. Hasil analisis terdapat miskonsepsi pada buku teks kimia, konsep yang mengalami miskonsepsi yaitu pada label konsep pengaruh konsentrasi, temperatur, luas permukaan bidang sentuh, katalis dan orde reaksi. Dan pengaruh miskonsepsi buku teks terhadap miskonsepsi siswa adalah untuk siswa SMA Negeri 15 Medan sebesar 31,14%; SMA Negeri 14 Medan sebesar 23,99% dan SMA Negeri 5 Medan sebesar 36,82%. Maka dapat disimpulkan bahwa miskonsepsi buku teks berpengaruh terhadap miskonsepsi siswa pada pokok bahasan laju reaksi. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan