DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN PEMBELAJARAN TIPE TPS PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP DI SMP SWASTA GKPI PADANG BULAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Hendra Prima Sidabutar (STUDENT ID : 510310662)
Mukhtar (LECTURER ID : 195908071983031033)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-22 09:44:52 
Abstract :
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak (random sampling) yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Quantum Teaching dan kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen II dengan pembelajaran tipe TPS.Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam penelitian adalah test pilihan berganda (objektif tes) sebanyak 10 soal yang sebelumnya telah diujicobakan ke SMP swasta GKPI Padang Bulan Medan untuk melihat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian hasil belajar siswa kelas eksperimen I yang diajarkan dengan menggunakan model kooperatif tipe Quantum Teaching diperoleh rata 
Institution Info

Universitas Negeri Medan