DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) DAN KONVENSIONAL PADASUB MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 5 PEMATANG SIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Ade Pratiwi (STUDENT ID : 408341001)
Dj Simamora (LECTURER ID : 19510207192303001)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-15 06:55:50 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pembelajaran biologi dengan menggunakan metode pembelajaran koopeartif tipe TPS (Think-Pair-Share) dan konvensional pada sub materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 5 Pematang Siantar Tahun Pembelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang tebagi atas 8 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 320 orang. Sedangkan sampel penelitian diambil secara acak kelompok yakni kelas X1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 40 orang dan kelas X2 sebagai kelas kontrol sebanyak 40 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data pretes dan data hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Sementara berdasarkan analisis data hasil belajar siswa diketahui nilai rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 76,19 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 66,44. Untuk pengujian hipotesis diperoleh thit > ttab (5,87 > 2,00) yang berarti dalam penelitian ini Ha diterima sekaligus menolak H0 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh pembelajaran biologi dengan menggunakan metode pembelajaran koopeartif tipe TPS (Think-Pair-Share) pada sub materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 5 Pematang Siantar Tahun Pembelajaran 2011/2012. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan