DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM CHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SUB MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PANCURBATU TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Yunita Situmorang (STUDENT ID : 408141128)
Martina A. Napitupulu (LECTURER ID : 196503051990022001)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-18 02:15:36 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada sub materi struktur dan fungsi sel di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pancurbatu yang terdiri dari 5 kelas. Sampel yang digunakan adalah satu kelas yaitu kelas XI IPA 3 yang berjumlah 30 siswa yang dipilih secara acak. Hasil analisis data diperoleh untuk penguasaan siswa, hanya 1 siswa yang termasuk penguasaan sangat rendah (3,33%), 2 siswa penguasaan rendah (6,67%), 17 siswa penguasaan sedang (56,7%), 6 siswa penguasaan tinggi (20%) dan 4 siswa penguasaan sangat tinggi (13,3%). Untuk ketuntasan belajar secara individu, 3 siswa belum tuntas dan 27 siswa sudah tuntas, sedangkan secara klasikal dinyatakan tuntas karena persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 90%. Ketuntasan pencapaian indikator dalam penelitian ini sudah tercapai dengan rincian indikator pertama 81,11%, indikator kedua 87,78%, indikator ketiga 78,89% dan indikator keempat 83,33%. Untuk kegiatan pembelajaran didapatkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD terlaksana dengan baik.Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada sub materi struktur dan fungsi sel di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2012/2013 menghasilkan efektif terhadap hasil belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan