DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA DI KELAS VII SEMESTER 1 SMP NEGERI 2 GALANG T.P. 2013/2014
Total View This Week2
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Irhamsyah Parapat (STUDENT ID : 409321031)
Derlina (LECTURER ID : 196403211990032001)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-23 02:54:19 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Untuk mengetahui : hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle pada materi pokok zatdan wujudnya siswa di kelas VII semester 1 SMP Negeri 2 Galang. 2) Hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi pokok zat dan wujudnya siswa di kelas VII semester 1 SMP Negeri 2 Galang. 3) Peningkatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional pada materi pokok Zat dan wujudnya di kelas VII Semester 1 Negeri 2 Galang. 4) Pengaruh model pembelajaran Learning Cycle dan terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa Konvensional pada materi pokok Zat dan wujudnya di kelas VII Semester 1 Negeri 2 Galang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas kelasVII SMPNegeri 2 Galang yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas VII-C dengan menggunakan model pembelajaran Pembelajaran Learning Cycle dan kelas VII-A dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan kedua adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa pada pembelajaran Pembelajaran Learning Cycle. Nilai rata-rata pretes kelas Learning Cycle adalah 43,75 dan pada kelas konvensional 41,25. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan Pembelajaran Learning Cycle sebesar 79,531.Kelas pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 73,594. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,946 > 1,6697 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 62. Dengan demikian berarti Ha diterima yang berarti ada perbedaan pengaruh model Pembelajaran Learning Cycle terhadap belajar fisika pada materi pokok zat dan wujudnya di kelas VII semester I SMP Negeri 2 GalangT.P 2013/2014. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan