DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN STRATEGI MERINGKAS MATERI AJAR DENGAN SISTEM KARTU PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Tinambunan; Marta Aditiya (STUDENT ID : 409441024)
Zulkifli Simatupang (LECTURER ID : 196605161992031001)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-16 04:16:04 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan strategi meringkas materi ajar dengan sistem kartu terhadap hasil belajar siswa dan respon siswa pada materi pokok struktur dan fungsi sel di kelas XI IPA SMA N 11 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah eksperiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 197 0rang. Sampel penelitian diambil dengan cara acak diundi (Random Sampling) yang terdiri atas dua kelas yaitu kelas yang diajar dengan sistem kartu dan kelas yang diajar dengan tanpa sistem kartu, dengan jumlah sampel masing-masing kelas berjumlah 39 orang. Data penelitian diambil melalui hasil pre-tes sebagai data awal dan pos-tes sebagai data hasil penelitian, dan angket sebagai data respon siswa. Hasil penelitian berdasarkan hasil belajar siswa di kelas Eksperiment untuk ketuntasan siswa sebesar 61,54% (24 siswa katagori tuntas dan 15 siswa tidak tuntas). Nilai rata-rata sebesar 76,21. Sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata 71,59 dan setelah dilakukan uji 
Institution Info

Universitas Negeri Medan