DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR YANG DIAJAR PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MELALUI PENDEKATAN REALISTIK DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS VIII MTS AL-JAMIYATUL WASHLIYAH TEMBUNG TAHUN AJARAN 2013/2014
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Julham Sahmulia (STUDENT ID : 409311021)
M Manullang (LECTURER ID : 195205171977021001)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-22 07:17:12 
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan kontekstual dan pendekatan realistik pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII MTs Al-Jamiyatul Washliyah Tembung Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Jamiyatul Washliyah Tembung Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 8 kelas. Dari 8 kelas dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas VIII2 sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen I dengan pendekatan kontekstual dan kelas VIII4 sebanyak 38 siswa sebagai kelas eksperimen II dengan pendekatan realistik, dimana kedua kelas ini yang dijadikan sampel penelitian. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes hasil belajar berbentuk essay test. Dari analisa data didapat nilai rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen I sebesar 26,25 dan nilai rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen II sebesar 26,84. Dari hasil analisis data pre-test kelas eksperimen I diperoleh χ^2hitung < χ^2tabel yaitu 5,333518 < 7,815, dan data pre-test kelas eksperimen II diperoleh X2hitung < χ^2tabel yaitu 1,58 < 7,815. Sehingga disimpulkan data pre-test kedua kelas berdistribusi normal dan homogen dimana Fhitung < Ftabel yaitu 1,16 < 1,727585. Nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen I sebesar 81,875 dan nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen II sebesar 76,143. Dari hasil analisis data post-test kelas eksperimen I diperoleh χ^2hitung < χ^2tabel yaitu 3,232953 < 7,815, dan data post-test kelas eksperimen II diperoleh χ^2hitung < χ^2tabel yaitu 6,345167 < 7,815. Sehingga disimpulkan data post-test kedua kelas berdistribusi normal dan homogen dimana Fhitung < Ftabel yaitu 1,64 < 1,727585. Jadi peningkatan hasil belajar kelas eksperimen I yaitu 55,625 atau sekitar 68% lebih besar dari pada peningkatan hasil belajar kelas eksperimen II yaitu 48,82 atau sekitar 64%. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t didapat bahwa thitung > ttabel yaitu 2,3 > 1,996. Hal ini berarti thitung > ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Pendekatan Realistik mempunyai perbedaan yang signifikan dengan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Pendekatan Kontekstual pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII MTs Al-jamiyatul Washliyah Tembung 2013/2014. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan