DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEI RAMPAH TAHUN AJARAN 2013/2014
Total View This Week5
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Eflida Yanti Nasution (STUDENT ID : 409311011)
Zulkifli Simatupang (LECTURER ID : 196605161992031001)
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2016-08-16 04:58:38 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Rampah tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VIII-1 dan VIII-3 di SMP Negeri 1 Sei Rampah yang masing-masing berjumlah 35 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pada materi SPLDV melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Prosedur dalam penelitian ini dimulai dari pelaksanaan siklus I dikelas VIII-3 dan dilanjutkan dengan siklus II di kelas VIII-1 untuk melihat peningkatan aktivtas dan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Peningkatan aktivitas belajar siswa diketahui dari hasil pengamatan oleh observer pada saat proses pembelajaran berlangsung. Pada siklus I di kelas VIII-3 rata-rata aktivitas belajar siswa 58,29%. Pada siklus II di kelas VIII-1 rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 78,29%. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I di kelas VIII-3 sebanyak 35 orang siswa, terdapat 14 siswa (40%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 21 siswa (60%) belum tuntas dengan rata-rata kelas 58,77. Pada siklus II di kelas VIII-1 sebanyak 35 orang siswa, terdapat 30 siswa (85,71%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 5 siswa (14,29%) belum tuntas dengan rata-rata kelas 71,83. Tingkat penguasaan siswa dari tes belajar II mencapai kriteria sedang, maka pembelajaran ini dikatakan telah tercapai. Dari tindakan, pengematan dan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif learning tipe numbered head together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sistem persamaan linear dua variabel. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan