DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STOP THINK DO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM GERAK PADA MANUSIA DI KELAS XI-IA SMA SWASTA AN-NIZAM MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Nurhidayah Lubis (STUDENT ID : 409141070)
Nuryirwan (LECTURER ID : 196006221988031001)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-15 03:46:27 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Stop Think Do, minat dan motivasi siswa, dan mengetahui hubungan minat dan motivasi dengan hasil belajar siswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 1 kelas yang berjumlah 20 orang dan diambil dengan teknik Total Sampling (sampel total). Penelitian ini termasuk penelitian pra eksperimen satu kelompok pra tes dan pasca tes (pretest dan postest). Instrumen yang digunakan berupa tes objektif 30 soal dan angket minat dan motivasi 40 soal. Berdasarkan hasil analisis data, rata-rata hasil belajar saat pretest 56 dan postest 80. Hasil Uji-t yang diperoleh thitung > ttabel (6,1475 > 2,0252). Persentase minat dan motivasi siswa sebesar 82,75%, ketuntasan belajar klasikal 70%, penguasaan materi siswa klasikal 79,7%, pencapaian indikator tercapai 80%. Dari hasil yang didapat dapat diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran Stop Think Do memberikan hasil yang baik terhadap hasil belajar dan motivasi siswa. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan