DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA DI KELAS VII SEMESTER 1 SMP NEGERI 13 MEDAN T.P. 2013/2014
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Lestari Daulay (STUDENT ID : 409321035)
Ida Wahyuni (LECTURER ID : 196401181996032001)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-23 03:20:40 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa dan aktivitas pada materi pokok Zat dan Wujudnya di kelas VII SMP Negeri 13 Medan T.P 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII Semester I SMP Negeri 13 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol. Yang masing-masing berjumlah 20 orang. Uji pra syarat tes yaitu harus memiliki daya beda, reliabel, tingkat kesukaran soal dan valid. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 41,25 dengan standar deviasi 9,58 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 41 dengan standar deviasi 10,89. Sehingga Lhitung ttabel (2,9 > 2,024) maka H diterima yakni ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok zat dan wujudnya di kelas VII semester Ganjil SMP Negeri 13 Medan T.P 2013/2014. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan