DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 5 STABAT PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI T.P. 2013/2014
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Selvia Marya Sartika (STUDENT ID : 409421031)
Usler Simarmata (LECTURER ID : 1951011081982031005)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-16 04:03:48 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar menggunakan pendekatan pembelajaran Problem posing dengan pembelajaran konvensional pada materi pokok usaha dan energi kelas VIII di SMPN 5 STABAT T.P 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan melibatkan dua kelas dan diberi perlakuan yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIISMPN 5 STABAT yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 buah, yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas. Tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah di validkan oleh 3 orang validator dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa pada pembelajaran dengan penerapan pendekatan pembelajaran problem posing. Pengujian hipotesis menggunakan uji kesamaan rata-rata atau uji t. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 30,5, dan nilai rata-rata kelas pretes kelas kontrol 30,89. Pada pengujian normalitas pada kelas eksperimen Lhitung= 0,1303 dan Ltabel= 0,1369 sehingga Lhitungttabel , dengan kata lain bahwa ada perbedaan hasil belajar akibat pengaruh menggunakan pendekatan problem posing pada materi pokok usaha dan energi kelas VIII SMPN 5 STABAT T.P 2013/2014. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan